Pemerintahan

  • Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan aparatur pemerintah yang bertugas sebagai abdi masyarakat dalam rangka pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Keberadaan PNS sebagai sumber daya manusia dalam pemerintahan menjadi pilar pelaksanaan pembangunan. Oleh karena itu diperlukan PNS yang berkualitas agar pembangunan dapat berjalan baik.

    Jumlah PNS di Pemerintah Kabupaten Aceh Timur pada tahun 2013 sebanyak 8.514 orang, naik 2,88 persen dari tahun 2012 yaitu 8.276 orang. Mayoritas PNS di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Aceh Timur bergolongan II, yakni 43,73 persen. Sementara itu, jika dilihat dari pendidikan, mayoritas PNS daerah Kabupaten Aceh Timur berpendidikan SMA dan S1, yakni masing-masing 40,71 persen dan 30,44 persen.

    Keberagaman tingkat pendidikan tersebut merupakan salah satu sumber daya yang patut untuk diberdayakan dan dioptimalkan fungsi dan peranannya untuk menjalankan roda pemerintahan dalam rangka merealisasikan visi dan misi Kabupaten Aceh Timur yang telah dicanangkan.
  • Pemerintah kabupaten Aceh Timur dipimpin oleh seorang Bupati dan Wakil Bupati yang berasal dari Partai Aceh.

    Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Aceh Timur Tahun  2012 – 2017



    Visi


    “Membangun tatanan kehidupan masyarakat Aceh Timur yang Islami, bermartabat, adil, dan demokratis berlandaskan UUPA sebagai wujud implementasi MoU Helsinki untuk Kesejahteraan seluruh rakyat Aceh Timur”

     

    Misi


    1. Menjalankan Syariat Islam secara kaffah.
    2. Meningkatkan pendidikan dayah/pesantran secara terpadu.
    3. Menjaga keberlangsungan perdamaian.
    4. Mengupayakan kelanjutan proses reintegrasi, hak–hak masyarakat korban konflik dan eks kombatan.
    5. Mewujudkan Good Governance dan akuntabel melalui penyelenggaraan pemerintahan yang aspiratif, partisipatif dan transparan.
    6. Meningkatkan perekonomian daerah melalui optimalisasi potensi basis dan pemberdayaan masyarakat.
    7. Meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam bidang kesehatan, pendidikan dan sosial dasar lainnya dengan memanfaatkan IPTEK.
    8. Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana publik dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.
    9. Meningkatkan ketentraman dan ketertiban umum dalam kehidupan beragama, bernegara dan bermasyarakat.

     

     

     

     

     

     

     

  • Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten atau disingkat DPRK adalah lembaga perwakilan rakyat daerah kabupaten yang melaksanakan fungsi-fungsi pemerintah daerah kabupaten sebagai mitra sejajar Pemerintah Kabupaten. Anggota DPRK merupakan anggota partai politik peserta pemilihan umum yang dipilih berdasarkan hasil pemilihan umum. Berikut adalah daftar nama-nama anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Timur periode tahun 2014 s/d 2019 :

    DAFTAR NAMA - NAMA ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT KABUPATEN ACEH TIMUR
    DALAM JABATAN, KOMISI, FRAKSI DAN ASAL PARTAI
    PERIODE TAHUN 2014 S/D 2019

  • Sekretariat Daerah merupakan unsur staf dipimpin oleh seorang Sekretaris Daerah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati yang mempunyai tugas dan kewajiban membantu Bupati dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah

    Di lingkungan Sekretrariat Daerah Kabupaten Aceh Timur terdapat 1 (satu) Sekretaris Daerah, 3 (tiga) Asisten dan 12 (dua belas) bagian, yaitu :

    A.   Sekretaris Daerah.



















    B.   Staf Ahli

    Staf Ahli merupakan pembantu Bupati dalam melaksanakan tugas pemerintahan dimana pengangkatan dan pemberhentian staf ahli sebagaimana dimaksud ditetapkan dengan Keputusan Bupati. Tugas dan fungsi Staf Ahli adalah diluar tugas dan fungsi perangkat daerah. Di Kabupaten Aceh Timur terdapat 5 (lima) Staf Ahli, yaitu :
    1. Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik;
    2. Staf Ahli Bidang Pemerintahan;
    3. Staf Ahli Bidang Pembangunan;
    4. Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia;
    5. Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan.

    C.   Assisten - Assisten
    1. Asisten Pemerintahan;
    2. Asisten Keistimewaan Aceh Ekonomi dan Pembangunan;
    3. Asisten Administrasi Umum.

     D.   Bagian - Bagian di SETDAKAB Aceh Timur, terdiri dari :

        1.  Bagian Pemerintahan Umum, terdiri dari :
             - Sub Bagian Tata Pemerintahan;
             - Sub Bagian Otonomi Daerah;
             - Sub Bagian Tata Pemerintahan.


        2.  Bagian Pemerintahan Mukim dan Gampong, terdiri dari :
             - Sub Bagian Pembinaan Perangkat Mukim dan Gampong;
             - Sub Bagian Penataan Wilayah Mukim dan Gampong;
             - Sub Bagian Pembinaan Keuangan Mukim dan Gampong.

        3.  Bagian Humas dan Protokoler, terdiri dari :
             - Sub Bagian Humas;
             - Sub Bagian Tamu dan Keprotokolan;
             - Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan.

        4.  Bagian Administrasi Pertanahan, terdiri dari :
             - Sub Bagian Pendataan;
             - Sub Bagian Pemetaan;
             - Sub Bagian Pertanahan.

        5.  Bagian Perekonomian, terdiri dari :
             - Sub Bagian Sarana, Prasarana dan Ketahanan Pangan;
             - Sub Bagian Pembinaan Sumber Daya, Potensi Daerah dan Pariwisata;
             - Sub Bagian Kerjasama dan Penanaman Modal.


        6.  Bagian Administrasi Pembangunan, terdiri dari :
             - Sub Bagian Penyusunan Program Kerja;
             - Sub Bagian Pendataan dan Pengendalian;
             - Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan.


        7.  Bagian Kesejahteraan Rakyat, terdiri dari :
             - Sub Bagian Kesejahteraan Sosial;
             - Sub Bagian Pemuda, Olag Raga dan Kesehatan;
             - Sub Bagian Administrasi Bantuan Sosial.

        8.  Bagian Keistimewaan Aceh, terdiri dari :
             - Sub Bagian Agama;
             - Sub Bagian Adat dan Kebudayaan;
             - Sub Bagian Pendidikan.


        9.  Bagian Organisasi, terdiri dari :
             - Sub Bagian Kelembagaan dan Analisis Jabatan;
             - Sub Bagian Ketatalaksanaan dan AKIP;
             - Sub Bagian Kepegawaian.

      10.  Bagian Hukum, terdiri dari :
             - Sub Bagian Peraturan Perundang-Undangan;
             - Sub Bagian Bantuan Hukum dan PPNS;
             - Sub Bagian Penyuluhan Hukum dan Dokumentasi.


      11.  Bagian Umum, terdiri dari :
             - Sub Bagian Tata Usaha;
             - Sub Bagian Rumah Tangga;
             - Sub Bagian Sandi dan Telekomunikasi.

      12.  Bagian Pembinaan dan Pemberdayaan Dayah, terdiri dari :
             - Sub Bagian Pendidikan dan Pembinaan Santri;
             - Sub Bagian Manajemen dan Pengasuhan;
             - Sub Bagian Sarana dan Pengembangan.

  • Sekretariat Dewan merupakan unsur pelayanan terhadap DPRK yang dipimpin oleh seorang Sekretaris Dewan yang secara struktural bertanggung jawab kepada Pimpinan DPRK dan secara administratif bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Sekretaris Dewan mempunyai tugas pokok menyelenggarakan administrasi kesekretariatan, administrasi keuangan, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRK, dan menyediakan serta mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRK sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

    Di lingkungan Sekretrariat DPRK Kabupaten Aceh Timur terdapat 1 (satu) Sekretaris Dewan dan 4 (empat) bagian, yaitu : ndukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRK, dan menyediakan serta mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRK sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

    A.   Sekretaris DPRK

    Data masih dalam persiapan


    B.   Bagian - Bagian, terdiri dari :

        1.  Bagian Umum, terdiri dari :
             - Sub Bagian Tata Usaha;
             - Sub Bagian Rumah Tangga;
             - Sub Bagian Perlengkapan.

      2.  Bagian Persidangan dan Risalah, terdiri dari :
             - Sub Bagian Persidangan;
             - Sub Bagian Risalah;
             - Sub Bagian Hubungan Antar Lembaga.

      3.  Bagian Keuangan, terdiri dari :
             - Sub Bagian Anggaran;
             - Sub Bagian Verifikasi;
             - Sub Bagian Perbendaharaan.

      4.  Bagian Hukum dan Hubungan Masyarakat, terdiri dari :
             - Sub Bagian Hukum;
             - Sub Bagian Hubungan Masyarakat;
             - Sub Bagian Perpustakaan dan Dokumentasi.
  • Dinas merupakan unsur pelaksana Otonomi Daerah Pemerintah Kabupaten yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas, berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab  kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Dinas mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan kabupaten berdasarkan azas otonomi dan tugas pembantuan. Pada dinas dapat dibentuk UPT dinas untuk melaksanakan sebagian kegiatan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang yang mempunyai wilayah kerja satu atau beberapa kecamatan.

    Berikut adalah Dinas Daerah yang terdapat di Kabupaten Aceh Timur :

    1. Dinas Syari’at Islam;
    2. Dinas Kesehatan;
    3. Dinas Pendidikan;
    4. Dinas Pekerjaan Umum;
    5. Dinas Pertanian dan Holtikultura;
    6. Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika;
    7. Dinas Kelautan dan Perikanan;
    8. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil;
    9. Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk;
    10. Dinas Peternakan dan Kesehatan hewan;
    11. Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM;
    12. Dinas Kehutanan dan Perkebunan;
    13. Dinas Pengelola Keuangan dan Kekayaan Daerah;
    14. Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga;
  • Lembaga Teknis Daerah adalah unsur pendukung tugas Bupati yang berbentuk badan, kantor, Sat. Pol. PP, rumah sakit dan Inspektorat. Berikut adalah Lembaga Teknis Daerah yang terdapat di Kabupaten Aceh Timur :
    1. Inspektorat;
    2. Badan Perencanaan Pembangunan daerah (Bappeda);
    3. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik;
    4. Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Sejahtera;
    5. Badan Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan;
    6. Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan;
    7. Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan;
    8. Badan Penanggulangan Bencana daerah;
    9. Kantor Perpustakaan dan Arsip;
    10. Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu;
    11. Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah;
    12. Rumah Sakit Umum Daerah Idi;
    13. Rumah sakit Rehabilitasi Medik Peureulak; 
  • Kecamatan merupakan perangkat daerah kabupaten yang mempunyai wilayah kerja tertentu dan dipimpin oleh Camat, berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Mempunyai tugas melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan Bupati termasuk menangani sebagian urusan otonomi daerah. Berikut adalah Kecamatan yang terdapat di Kabupaten Aceh Timur :